Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

pusing…pusing..pening nya…

Leave a comment

haduh…mau dikata seperti apa lagi. sepertinya hari-hari belakangan ini merupakan hari-hari terberat. seperti ada juataan ton yang menjadi beban dikepalaku. sial memang. disaat genting seperti ini aku masih saja bimbang.

berharap punya keluarga kaya, tapi Allah memberiku keluarga yang tidak berlebihan. aku tidak membantah maupun mengingkari itu. biar bagaimanapun aku bersyukur memiliki sebuah keluarga. ya…semua hanya perasaanku, perasaan menjadi orang yang asing dalam keluarga, orang yang sepertinya tidak diperhatikan. sebenarnya tidak. biar bagaimanapun itu hanya perasaan yang hampir 10 tahun terus bercokol di kepala yang bodoh ini. maafkan aku Abah, Umi, kakak, adik… aku hanya ingin kita duduk makan malam satu meja seperti dulu.

aku memiliki keluarga kedua. keluarga Om dan tanteku. aku diangkat anak oleh mereka karena mereka tidak memiliki anak laki-laki. aku cukup nyaman dengan keadaan disana. memang keluarga ini cukup terpandang dan memiliki harta yang cukup dan usaha yang dapat membantu perekonomian kampung sekitar. aku mendapat banyak kelebihan disini. dapat duit yang lumayan banyak, makan juga lumayan. kadang kalo pengen ikut tante ke wonogiri ataupun solo pasti naik mobil. aku pernah menjadi buruh kasar, bukan karena ingin dapat duit atau disuruh oleh tanteku, namun aku hanya menjalaninya. aku pernah jadi kuli pikul beras, kernet keliling yang membeli daun cengkeh untuk disuling, ataupun lainnya. aku jalani dengan senang hati walaupun sesekali dengan hati yang dongkol juga.

beralih ke jogja setelah tamat sekolah menengah pertama. kuliah ambil jurusan teknik geologi di sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta. di jogja dari 2002 sampai tulisan ini terbit aku masih tetap dijogja. ikut om yang lainnya yang memiliki warung bakso yang cukup terkenal di yogyakarta, warung bakso Pak Narto. tahun-tahun pertama aku ikut bantu-bantu jualan bakso. malu? tidak ada kata malu bagiku jika itu halal. namun kegiatan ini nggak bertahan sampai 3 tahun dikarenakan kuliah yang mulai memenuhi jadwal keseharian, malah sempat sampai 3 minggu berjalan. pagi, siang dan malam terus dikampus ikut kuliah dan praktikum.

sekarang sudah menginjak 2 tahun aku tidak pernah mengerjakan skripsiku. ada saja alasan diotakku ini. dasar otak sialan. dari pengen kerja buat cari pengalaman, sampai malu minta duit dengan keluarga sendiri. aku sudah terbiasa tidak meminta kepada orang. bahkan ketika aku masih di wonogiri selama 3 tahun, hanya 2x aku minta duit, itupun juga bukan untuk jajan tapi buat bayar spp.

andai aku tidak memiliki malu untuk meminta uang kepada keluargaku, pasti aku sudah menjadi rusak. ada keuntungan juga dibalik semua itu. aku tidak ingin merepotkan siapapun. bahkan itu untuk bayar kuliah. namun sekarang aku sudah diambang batas. jika aku tidak meminta, aku tidak akan mampu menyelesaikan kuliah dan merah gelar sarjana. ketika Abah menelpon kemarin, dengan berat hati aku ucapkan “siapkan uang untukku menyelesaikan skripsi”. kenapa dengan berat hati karena tinggal Umi saja yang masih kerja, abah sudah pensiun. ini yang membuatku jadi sedikit ragu untuk meminta, pasti nanti seperti dulu lagi. nyari pinjaman kiri kanan. belum lagi tanggungan adik bungsuku yang tahun ini akan naik kelas 3 smu.

pusing…..

siapapun yang baca tulisan ini, bantulah saya dengan doa. saya tidak meminta harta dan kekayaan anda. saya hanya ingin doa yang ikhlas agar saya dapat melalui semua ini.

ambillah hikmah dibalik semua kisah ini. ada makna yang mungkin bisa bermanfaat, untuk aku, anda maupun siapapun.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

