Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

BERHADAPAN DENGAN VIRUS CONFICKER.A

10 Comments

Terima kasih kepada Nadia Thalib yang telah datang dengan membawa virus conficker.A didalam laptopnya. Memang beberapa hari yang lalu dia meminta bantuanku untuk melihat laptopnya yang “blank putih”. Analisa awal darinya ada virus bercokol didalam laptopnya. Sebagai informasi saja laptop Nadia adalah Acer dan antivirus yang digunakan adalah antivir personal free.

Dia memberitahukan bahwa antivirnya selalu terupdate ketika dia online. Memang antivirus yang selalu update tidak selalu dapat diandalkan apalagi jika antivirus yang digunakan adalah free editon.
Tulisan ini saya posting sebagai informasi saja, sekalian juga mudah-mudahan dibaca oleh pacar saya dan dia mencobanya (maaf Yank jika orang lain yang aku bantu, karena aku tidak bisa bekerja jika tidak ada barangnya dihadapanku).

Marilah kita bahas tentang bagaimana saya bekerja. Mudah-mudahan berhasil karena ketika menulis tulisan ini, saya sedang bekerja menangkap virus ini.

Antivirus yang digunakan adalah PCMedia Antivirus (PCMav) 2.0c Valkyrie update database bulan juni 2009. Anda bisa mendapatkan antivirus ini secara cuma-cuma melalui majalah PCMedia. Setiap bulannya PCMedia selalu mengupdate database bersamaan dengan terbitan bulanan majalah tersebut. PCMav merupakan antivirus buatan anak bangsa sendiri, yang dapat digunakan tanpa perlu diinstal dulu di computer anda alias portable. Anda juga bisa mendapatkannya melalui internet (saya tidak menyarankan ini karena illegal namun semua kembali kepada anda yang akan menggunakannya).

Langkah-langkah:
1. Masuk windows safe mode
Ketika komputer baru dinyalakan sebelum proses booting berlangsungm tekanlah F8 sampai keluar pilihan menu booting. Silahkan pilih Safe mode.
2. Tunggu sampai proses botting selesai dan siap dijalankan dalam safe mode
Proses pembersihan virus melalui safe mode lebih aman karena ketika computer dalam keadaan safe mode hanya sedikit program yang berjalan dan ini lebih aman untuk menghindari terjadinya crash dengan virus. Normal mode terkadang tdak dapat melakukannya karena virus yang ada telah banyak merusak registry.
3. Masukkan Flashdisk yang berisi PCMedia Antivirus (PCMav) 2.0c Valkyrie.
4. pastikan system restore anda dalam posisi off.
5. Jalankan file yang bernama PCMAV-CLN.
Setelah local scaning selesai, anda akan diminta untuk menonaktifkan system restore. Jika keluar pilihan silahkan mengklik No dan program PCMedia Antivirus (PCMav) 2.0c Valkyrie akan tetap berjalan. Jika anda memilih untuk mengklik Yes, maka PCMedia Antivirus (PCMav) 2.0c Valkyrie akan berhenti dan anda harus mengulangnya proses ini dari depan.
6. Box dialog scaning akan keluar dan pilih My Computer karena proses scaning harus dilakukan pada semua drive untuk memastikan semua virus tertangkap.
7. Lakukan proses scaning dan tunggu hingga selesai
Berharaplah virus yang anda curigai tertangkap. Karena jika tidak kemungkinannya ada 2 yaitu virus itu lebih jago dalam menyamarkan diri atau computer anda bersih namun dengan gangguan lain. Kita semua tahu bahwa antara antivirus hasil scaningnya berbeda beda.
8. Jika ternyata ada virus yang tertangkap, silahkan bersihkan semuanya, ada tiga pilihan yaitu
Mudah-mudahan virus yang ada tidak merusak banyak computer anda.
9. Restart computer anda dan masuk windows seperti biasa.
10. lakukan scaning ulang pada pada normal mode untuk memastikan semua virus telah teratasi.
11. Jika terjadi error yang fatal sehingga menyebabkan computer anda menjadi berantakan saran saya instal ulang adalah jalan terbaik.

Hasil scaning pada computer Nadia aku dapatkan virus amburadul.inf, Virus Suspected (RD), Conficker.A, Worm.Autorun-1838[ClamAV], Trojan.Downloader-66357[ClamAV], Trojan.Small=7314[ClamAV], Virus Suspeted(CF), GealGeol.ini, dan Real. Ternyata sebagian yang terdeteksi dapat dibersihakan termasuk Conficker.A.

Ini adalah kali pertama saya berhadapan dengan virus confiker.A setelah sekian lama hanya mendengar namanya saja. Mudah-mudahan bisa diatasi dengan PCMedia Antivirus (PCMav) 2.0c Valkyrie. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Himbauan dari PCMedia, silahkan update operating Sistem anda dan installah antivirus yang menurut anda paling ampuh didunia dan jangan lupa untuk update.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

10 thoughts on “BERHADAPAN DENGAN VIRUS CONFICKER.A

  1. kalo bole kasi komen:
    menurut saya mending kena virus, terus diinstall… .:mrgreen:

    fyi, saya amati di poin 3 tu ada celah, Mas. ^_^
    CMIIW

  2. @Mas Arsyad:
    untuk masalah basmi-membasmi virus, kita harus memiliki source yang BENAR-BENAR BERSIH. Apalagi untuk master program ^_^

  3. permisi,,,saya nadia thalib yg py laptop acer mau bertrima ksih kpda bang lana yg mnjdi hero di mlm hari mpe pagi hari gr2 bnrin lptopku hahahah,,,,,tengkyu yo bang,,smga dibls ma ALLAH,,,amiennn

    • wow…jadi hero? alamak…ruarrr biasssaaaa… kembali kasih Naiy. amien…amien… sekarang laptopnya sudah sehat? soal monitor Blank putih sepertinya karena LCDnya sudah kena. acer sering punya masalah dengan LCDnya.

  4. coba pake tune up utilities. terus masuk ke process manager kalo nggak salah. itu buat liat program apa aja yang jalan. kalo ada yang dicurigai mengandung virus, dinonaktifkan aja. lalu coba scan lagi. cek juga startup managernya.

  5. aku nggak nyuruh ke warnet, kalo disini mah banyak. tinggal nanya anak2 pasti pada punya. ya baiklah, biar abangmu yang benerin. nanti pas dia benerin liatin sambi hafalin langkah2nya, jangan asal tau jadi.

  6. G bs yank,bang ibal kl benerin lapie mei pasti d bw k rumahna atw d kantor dia.. Mei blajarna nti ja lah kl da ayank hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s