Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

HANDPHONE SEBAGAI MODEM

3 Comments

Internet dewasa ini sudah menjadi sesuatu hal yang sangat mempengaruhi banyak orang. tidak jarang ada orang yang sampai tergila-gila karena internet. apalagi dengan boomingnya Facebook sekarang ini, bertambah lagi kegilaan tersebut.

internet membuka cakrawala dunia, lebih hebat dari buku, lebih berwarna dari pelangi dan lebih jahat dari iblis. itulah internet. tergantung kita yang menggunakannya.

saat ini mengakses internet bisa dimana saja dan melalui media yang beragam mulai dari komputer, laptop, handphone, ipod, psp dan lain sebagainya. bisa menggunakan kabel ataupun nirkable (wireless).

berikut ini saya ingin berbagi sekedar info menggunakan handphone sebagai modem. sebagian besar handphone keluaran baru sudah ditanamkan modem didalamnya. penggunaan handphone untuk internet semakin berkembang seiring berjalannya waktu, mulai dari WAP pertama sampai sekarang telah berevolusi sampai HSDPA.

profider kartu seluler berlomba-lomba mengeluarkan produk internet. ada indosat dengan keluarga IM2 nya, Telkomsel dengan Telkomselflash clannya, mobi dari fren, smart, atupun lain sebagainya (maaf tanpa bermaksud promosi, jika ada profider yang tidak disebutkan harap kirim email agar nanti saya ralat tulisan ini). sebenarnya telah banyak beredar modem GSM atupun CDMA yang beredar. mulai dari yang murah sampai yang mahal. namun tidak semua orang memiliki kemampuan membelinya.

karena keterbatasan dana dari orang tua dan donatur hidup saya, namun keinginan yang begitu besar untuk memiliki sambungan internet pribadi di rumah sendiri akhirnya saya memutuskan menggunakan handphone sebagai modem. memang sangat disayangkan, namun tetap tidak bisa terbantahkan jika saya sudah mulai ketagihan dengan dunia internet.

dahulu saya main internet lewat warnet dan handphone melalui jalur gprs, dan itu cukup menghabiskan duit. sebulan bisa sampai Rp. 100.000 habisnya atau bahkan lebih. itupun hanya menggunakan nya lewat handphone, tidak melalui komputer. bisa dibayangkan jika dengan pulsa normal menggunakan komputer untuk online? bisa habis jutaan.

awalnya saya hanya ingin mengurangi pengeluaran cost untuk penggunaan internet saya. saya putuskan untuk membeli kartu perdana unlimited internet dari Indosat M2 dengan harga Rp. 200.000. dan biaya bulanannya sebesar Rp. 125.000. dengan begini saya bisa menghemat begitu banyak cost. disamping itu juga saya tidak harus online melalui handphone, namun melalui komputer saya. bisa kapan saja terkoneksi sesuka hati.

menggunakan handphone sebagai modem memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. coba kita lihat apa saja keuntungan dan kerugian tersebut.

keuntungan yang ditawarkan yaitu:
– kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan membeli modem,
– memiliki koneksi internet unlimited dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja,
– penggunaan fleksibel pada komputer dan handphone,
– management cost terukur karena pembayarannya flat tiap bulan.

kerugian yang mengikuti:
– resiko kerusakan handphone tinggi. rata-rata ic handphone hanya tahan digunakan 6 jam,
– bangkar pasang chip riskan merusak chip dan handphone itu sendiri,

jika anda memutuskan untuk menggunakan handphone sebagai modem, pertimbangkan dulu beberapa hal yang saya sebutkan diatas. semua untuk kebaikan handphone dan dompet anda juga.

saran dari saya:
– kalau bisa anda memiliki 2 handphone agar tidak selalu bongkar pasang chip.
– gunakan handphone yang bisa charge sendiri jika kabel usb tersambung ke komputer.
– gunakanlah secara bijak dan jangan berlebihan sehingga kesehatan handphone anda terjaga.

semoga informasi ini bermanfaat.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

3 thoughts on “HANDPHONE SEBAGAI MODEM

  1. nggak juga sih. tapi khan buat informasi untuk semua, lagian kasihan juga hp nya. syukur kalo rusak ganti sendiri, kalo masih minta lagi sama ortu khan repot. marginnya lupa. kemaren udah ketemu cuma ilang lagi, makanya nggak diatur letaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s