Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Berdagang dengan ridho Allah

Leave a comment

berdagang adalah hal yang mulia. Rasulullah Muhammad SAW saja berprofesi sebagai pedagang. kemuliaan ini juga disebutkan oleh Bapak Jusuf Kalla beberapa waktu yang lalu saat dialog calon presiden di salah satu stasiun tv terkemuka. memang benar adanya menurut saya juga. berdagang adalah tidak hanya semata-mata mencari untung tapi ada banyak ilmu yang dapat dipetik dari perdagangan itu sendiri.

dimata masyarakat umum, berdagang mungkin lebih dititik beratkan pada keuntungan yang melimpah. namun dibalik semua itu adakah ridho dari Allah? Semua kembali kepada timbangan yang adil seadil-adilnya. apalah gunanya untung besar tapi tidak menjadi berkah bagi kita.

berjual beli adalah mengenai hak dan kewajiban dari penjual dan pembeli. dibutuhkan kejujuran dari kedua belah pihak. timbangan harga harus pas dengan timbangan barang yang dijual, begitupun sebaliknya. jika ada salah satu yang kurang bisa menjadikan haram bagi salah satu pihak. sebagai contoh: seorang pedagang mengurangi takaran beras beberapa gram saja dengan sengaja, maka beberapa gram tersebut menjadi dosa baginya. mungkin begitu juga sebaliknya jika dia dengan sengaja menambah timbangan beras tersebut dengan tujuan agar dagangannya laku, mungkin juga hal itu tidak lantas menjadi suatu pembenaran.

timbangan yang adil dengan harga yang pas tanpa dilebih-lebihkan keuntungannya adalah kesempurnaan berdagang. jual-beli adalah suatu kepercayaan.

dibeberapa tempat dengan alasan yang tidak masuk akal, terkadang pedagang menaikkan harga. hal ini disikapi pembeli dengan umpatan. lantas apakah semua keuntungannya menjadi barokah? Wallahualam.

saya termasuk orang yang tidak ridho atas harta yang aku belanjakan jika itu bukanlah hak dari seorang penjual. bukan karena saya tidak ikhlas, tapi hal seperti ini menjadi suatu kebiasaan dalam perdagangan masa kini. seratus rupiah keuntungan yang diikhlaskan lebih baik dari satu juta rupiah yang didapatkan dengan cara yang tidak halal.

saya tidak pernah berani untuk menimbang, karena yang saya tau sengaja atau tidak jika tidak seimbang adalah hal yang salah.

jika anda adalah pedagang ataupun orang yang hendak berdagang, maka berdaganglah dengan kejujuran. sedikit rejeki jika diridhoi Allah akan membawa sejuta rahmat dan berkah bagi kita.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s