Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Sekedar informasi menyangkut virus Conficker dan variannya

Leave a comment

sampai saat ini para ahli pemburu virus (pembuat antivirus) belum menemukan tujuan pasti dari varian virus conficker. Tidak seperti virus ecek-ecek dalam negeri yang kadang hanya pelampiasan putus cinta maupun pesan moral yang salah tempat, virus conficker masih menjadi tanda tanya.

Dari yang saya ketahui melalui berbagai media elektronik dan media cetak, conficker diklaim sebagai virus yang memiliki struktur virus yang sangat canggih dan dibuat dengan metode yang tidak biasa. Varian virus ini dapat menyembunyikan diri (kamuflase) dari beberapa antivirus yang umum digunakan. Dia menyamarkan diri sehingga pada saat scaning tidak tertangkap. Karena kelebihan dan kecanggihannya, seorang Bill Gates yang petinggi microsoft menaruh sejumlah uang yang cukup besar kira-kira $US 200 ribu sebagai imbalan jika sang pembuat dapat tertangkap.

Conficker sudah beredar dari tahun lalu diseluruh dunia. Penyebaran paling efektif yaitu melalui flashdisk. Meskipun begitu namun penyebaran melalui internet juga banyak terjadi. Sekarang pun penyebarannya masih terus berlanjut. Jika sampai saat ini update database anda telah kadaluarsa, silahkan scan dengan antivirus portable saja dulu yang update.

Kejadian paling sering terjadi ketika mobilitas flashdisk yang tinggi pada perangkat komputer kita (entah pc ataupun laptop, dsb) tidak dibarengi dengan database antivirus yang tidak terupdate. Walhasil conficker maupun virus yang lain dapat masuk dengan sukses tanpa ada penghalang sedikitpun dari antivirus yang ada.

Dari pengalaman saya memberantas conficker di beberapa laptop dan pc, hal yang sering terjadi ketika peralatan tersebut terjangkit conficker yaitu fungsi wireless networknya tidak berjalan dan juga pemblokiran menuju site antivirus oleh virus conficker. Hebat bukan?

Jika anda mengalami kejadian seperti diatas, anda patut curiga komputer terjangkit varian conficker.

Untuk mengatasinya saya menyarankan anda menggunakan pcmav dan clamav terbaru dari pc media. Silahkan beli pc media pasti anda akan mendapatkannya. Kalau tidak, silahkan cari di internet. Sudah banyak yang menaruhnya untuk diunduh. Pcmav adalah antivirus portable buatan anak negeri yang sangat ampuh untuk membasmi conficker jika komputer anda telah terjangkit.

Jangan pernah lupa untuk mengupdate database antivirus anda. Jika anda tidak berada dalam kondisi mampu update otomatis, paling tidak 1 minggu sekali sempatkan mampir ke warnet untuk update. Antivirus yang update dapat mengurangi bahaya virus yang mengintai.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s