Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Downgrade Windows Vista ke Windows Xp

2 Comments

Jika anda membeli laptop baru sekarang ini dan itu adalah toshiba, saya berani jamin pasti Operating Sistem preinstalednya adalah Windows Vista. kecuali jika anda membeli laptop acer, kemungkinan besar Operating Sistem bawaannya adalah Linux dan jika yang anda beli adalah laptop bermerek Apple, sudah pasti tertanam Operating Sistem Mac.

disini saya tidak akan membahas tentang linux maupun Mac, tetapi saya akan membahas bagaimana menurunkan versi OS anda yaitu Vista ke Windows XP, terserah anda mau XP Service Pack berapapun, 1 jadi 2 juga mantap 3 apalagi…

tulisan ini aku buat dikarenakan saya beranggapan informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. apalagi ketika saya disodorkan 2 laptop toshiba portege baru dengan OS Vista didalamnya milik adik saya si Dewi dan Dian. menurut mereka pakai Vista ribet dan banyak program yang belum kompetibel. dan katanya juga harus setiap 21 hari update windows.

Vista, adalah sebuah Operating Sistem yang dikeluarkan oleh Microsoft. menurut kabar yang saya dengar, windows Vista ini merupakan produk yang paling tidak populer yang dikeluarkan oleh Microsoft dan boleh dikatakan produk gagalnya Microsoft. itu dari pandangan orang awam dan pendapat saya. oleh sebab itu Microsoft saat ini sedang mengembangkan pengganti Vista atau boleh dikatakan upgrade teranyar dari Windows, yaitu Windows 7 (seven). saat ini windows 7 masih dalam tahap beta dan sebentar lagi akan dirilis dalam bentuk final dan bukan beta lagi. tepat tanggal rilisnya saya belum konfirmasi ke Microsftnya langsung.

Siapa yang tidak kenal Windows XP? kisaran 60% dari seluruh OS yang dipakai di dunia adalah XP menandakan produk ini merupakan yang terpopuler dan paling familiar, bahkan untuk anak TK sekalipun. kesederhanaan yang ditawarkan dan kompetibilitas dengan berbagai macam produk software maupun hardware menjadikan produk ini sangan berpengaruh di dunia teknologi komputer.

berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, saya lebih memilih untuk memakai Windows XP sebagai andalan untuk saat ini. Maka dari itu marilah kita mulai proses downgrade dari Windows Vista ke Windows XP.

Langkah-langkah proses downgrade Windows Vista ke Windows XP:

  1. Siapkan CD/DVD Windows XP. terserah service pack berapa yang anda inginkan. saya sarankan SP 3. saya sarankan juga anda menggunakan yang original, namun jika anda menggunakan yang bajakan, itu adalah pilihan anda.
  2. Masuk ke setting bios. Tekan Esc lalu F1(ini untuk toshiba portage yang saya gunakan).
  3. Pada bios, cari Boot priority kemudaian jadikan boot from CD-rom yang pertama. lalu cari harddisc dan jadikan IDE (karena Vista hanya mengenal SATA dan yang dibaca oleh XP adalah IDE. berkali-kali ketika saya belum merubah setting harddisc, yang keluar adalah bluescreen yang memberitahukan bahwa Harddisc SATA anda tidak dikenal).
  4. kemudian save (pada portage pilihannya adalah tekan End) lalu pilih Y(yes).
  5. pada tampilah awal akan ada pemberitahuan “Press any Button to boot from CD…“, maka tekanlah tombol apa saja, dan proses booting dari CD pun berjalan.
  6. setelah copying files selesai anada akan mendapatkan partisi-partisi dari harddisc anda. silahkan di hapus/del dan buat partisi baru menurut selera anda. ikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh windows.
  7. jika proses partisi telah selesai, sekarang saatnya untuk menginstal Operating Sistem Windows XP. pilih partisi C dan tekan Enter, maka proses pemasangan Windows XP akan berjalan. ikuti langkah-langkah menurut apa yang tertulis pada saat instalasi berlangsung. masukan Serial Number jika instalasi XP memintanya.
  8. tunggulah beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  9. sekarang tinggal instal driver yang dibutuhkan oleh hardware yang telah tertanam pada laptop anda seperti VGA Card, Sound Card, Wireless dan lainnya.
  10. windows XP anda telah siap untuk digunakan. Silahkan instal program aplikasi yang anda perlukan untuk memperlancar kebutuhan anda dalam menggunakan laptop.
sekian langkah-langkah untuk downgrade dari Windows Vista Ke Windows XP. semoga info ini dapat bermanfaat untuk anda yang kesulitan dalam proses downgrade dari Vista ke XP.

NB : aku bikin tulisan ini karena abis ngerjain Laptopnya orang, kapan ya aku bisa ngerjain laptopku sendiri. semoga ada rejeki untukku agar aku bisa memiliki laptop sendiri. hikz… ada yang mau menyumbangkan laptopnya untukku… hehehehe…

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

2 thoughts on “Downgrade Windows Vista ke Windows Xp

  1. Terima kasih atas infonya, akan saya coba ………….. Oke bos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s