Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Blogging melalui handphone

Leave a comment

Blogging yang paling afdol itu blogging menggunakan pc yang dibekali dengan koneksi internet. Sedapatnya saja melalui warnet atau via modem di rumah. Namun ketika kendala menghampiri, apa mau dikata akhirnya hanya blogging lewat handphone.

Dengan pc semua hal bloging itu mudah. Paling utama tentu saja tulisan yang mau diposting. Selanjutnya kontrol yang lebih baik dan pengaturan-pengaturan yang lebih baik pula tersaji lewat pc. Bagaimana dengan handphone?

Banyak cara sudah aku lakukan melalui handphone yang notabene alhamdulillah bikin sakit mata karena pixelnya kecil. Kita singkirkan dulu soal pengaturan dan maintenent. Fokus dulu dengan tulisan isi blog. Jika materi sudah ada, semuanya ada jalan.

Sepertinya lebih baik aku jabarkan langkah-langkah saja biar gak berantakan tulisanku ini. Berikut cara blogging lewat handphone ala Lunarjack d’Archer:
1. Gunakan media notes bawaan handphone untuk menulis offline. Dengan begini kita tidak terburu-buru menerbitkan postingan dan bisa diedit berulang kali sebelum benar-benar diposting.
2. Aktifkan fitur “post by email”. Lebih enak dan cepat.
3. Atau masuk dashboard wap. Untuk wordpress bisa lewat m.wordpress.com. Kita hanya butuh tidak lebih dari 6 kb standar untuk sekali posting. Untuk penyedia blog lain macam blogspot aku kurang tau ada apa tidak. Di blog opera ada versi wap namun tampilannya lumayan besar “kb” nya.
4. Copy dan paste tulisan dari notes ke media kesukaan. Terserah via email atau wap.
5. Langsung kirim. Wuzz… Langsung terbit deh postingan baru.

Buat yang pakai blogspot bisa juga posting lewat aplikasi snaptu. Aplikasi tersebut mendukung layanan blogspot. Aku jarang search aplikasi jadi taunya cuma ini.

Kemudian untuk urusan komentar, lebih baik aktifkan fitur sekali approve. Jadi kita tidak perlu approve setiap komentar yang masuk. Jika pilih admin harus approve setiap komentar yang masuk kita akan kerepotan sendiri karena proses approving melalui banyak tahapan dan akan memakan banyak sekali kb. Ikuti feed komentar blog kita sendiri agar proses komunikasi antara kita dan komentator menjawab lebih mudah dan murah.

Untuk urusan pengaturan saya sangat tidak menyarankan menggunakan handphone. Disamping akan memakan banyak biaya, bisa juga bikin mata sakit dan pening karena tampilan yang sangat kecil tergantung layar handphone kita. Silahkan mampir saja sejenak ke warnet dan lakukan pengaturan. Hasilnya akan sangat jauh memuaskan dibandingkan dengan handphone.

Tepislah anggapan bahwa blogging itu mahal dan ribet. Aku rasa penjabaran diatas cukup sederhana dan murah meriah namun ampuh. Selamat ngeblog!

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s