Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Prasangka Menuju Oposisi

Leave a comment

Tidak bisa dipungkiri aku hidup dengan prasangka. Baik itu yang buruk atau yang baik. Semua tergantung apa yang aku hadapi.

Kadang terselip suatu hal yang jorok. Bagaimana kalau aku jadi seorang oposisi. Berpikir sejenak dan mendapati oposisi hanya bermodal pesimistik dan prasangka terhadap orang. Ya, cuma bermodal itu saja. Bayangkan saja seperti di pemerintahan dunia. Ada partai yang berkuasa dan ada oposisinya. Fungsi pengontrol adalah fungsi paling baik dari oposisi. Jika oposan hanya berpikiran menggulingkan pemerintahan yang ada lalu mereka menjadi penguasa selanjutnya, sepertinya itu bukan cara oposisi sejati.

Dipandang sebelah mata, oposisi jatuhnya di segelintir manusia-manusia yang kalah. Mereka hanya memikirkan bagaimana menjatuhkan musuhnya. Mereka mungkin saja dicap sebagai manusia-manusia yang busuk. Tapi sadarkah kita tanpa oposisi apa yang akan terjadi? Kebijakan-kebijakan yang kebablasan tanpa ada yang mengatur dan mengerem. Jika mental penguasa hanya bermental kerupuk, apa jadinya besok dengan kehidupan? Arogansi sebagai pemenang mutlak, tirani diktarorisme siap menerjang.

Mungkin tidak selamanya seorang menjadi oposisi. Namun budaya oposisi akan terus tercipta selama kita masih berpikir. Berprasangkalah. Silahkan atur sendiri mau prasangka yang seperti apa selama itu bisa memberikan sesuatu yang berarti. Terkadang penguasa itu lupa atau tidak mengindahkan kehadiran seorang oposisi. Jika saja mau melihat dengan kedua mata, ada banyak kebaikan yang bisa diambil dari para oposisi.

Ps: cerita dari manusia bernama Maulana yang bosan dinilai. Setelah dipikir-pikir ini bukan satu arah, tapi 2 arah bolak-balik. Kita semua sama dan kita semua berbeda.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s