Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Katinting, the art of Indonesian river style

Leave a comment

Sebenarnya ide-ide penulisan post ini sudah berseliweran lama di kepalaku sejak pulang dari Kalimantan kemarin, tapi karena beberapa hal postingan ini dipending sekian lama. Marilah ijinkan saya bercerita sedkit tentang benda yang bernama "katinting" ini.

DSCI0267

Katinting adalah nama dari perahu bermotor tempel yang banyak terdapat di indonesia. Hampir semua daerah yang saya datangi memiliki tipe katinting tersendiri. katinting ini merupakan alat transportasi yang cukup penting pada daerah-daerah yang kondisi alamnya banyak memiliki sungai.

Tiap-tiap daerah memiliki namanya sendiri-sendiri. Secara umum menurut sebagian orang adalah "katinting", bisa jadi kata ini diterima di hampir seluruh indonesia. Nama khusus pun ada, seperti: – cez, untuk daerah kalimantan timur.
– bodi untuk daerah indonesia timur, khususnya wilayah halmahera. – kelotok, katinting di wilayah kalimantan selatan.
Setahu saya segitu. Belum tau lagi nama yang lainnya, karena kesempatan keliling indonesia belum tercapai. Baru sebagian kecil sekali daerah-daerah yang saya datangi.

Katinting ini berbentuk perahu, tapi bukan seperti perahu semang atau perahu lainnya yang lancip bagian depan dan belakangnya. Bentuk katinting cenderung atau malah hampir semuanya memiliki bagian depan yang lancip namun bagian belakangnya buntung. katinting dibuat buntung belakangnya sebagai tempat untuk meletakkan mesin bertenaga kecil sebagai penggerak pengganti dayung. Nagian dasarnya dibuat landai sebagai antisipasi Ketika mengahdapi medan berbatu atau jeram. Jika bagian bawahnya berbentuk sedikir menyudut, maka perjalanan mengarungi jeram pun akan terasa menjadi sulit.

Secara baku tidak ada ukuran yang pasti. Semua itu tergantung dari penggunaan dan medan. Biasanya ukuran standar sebuah katinting angkut berkisar 6-8 meter panjangnya, dengan lebar kurang lebih 1 meter. Tempat duduk berupa papan yang diletakkan di bagian tengah. Untuk katinting ukuran standar, daya angkut orang ,maximal bisa sampa 8 orang termasuk motoris (sebutan untuk yang bawa katinting) dan juru batu (sebutan untuk bagian kemudi yang duduk di depan).

Kelengkapan-kelengkapan sebuah katinting antara lain meliputi bodi perahu, motor penggerak, dayung, mangkok pembuang air dan tongkat kayu kemudi. Sudah pasti tambahan bahan bakar yang berupa bensin. Perjalanan sekitar sehari bisa menghabiskan kurang lebih 10 liter. Adapun perlengkapan lain tergantung yang punya hajat. Kebetulan ketika kemarin saya ikut flying camp di kaltim, perlengkapan yang dibawa cukup mumpuni.

Seperangkat jala dan alat pancing lengkap menemani perjalanan kami. Jadi kita bisa menjaring ikan sembari melakukan perjalan. Alat ini sangat bermanfaa untuk menambah lauk makan. kalau mau lebih hebat lagi, bisa membawa senapan berburu. Sayang ketika kemaren kami tidak menemukan satu hewanpu yang terdapat di sekitar aliran sungai yang kamu lalui.

Kehidupan sungai masyarakat indonesia tidak terlepas dari katinting. mesin yang terpasang saat ini merupakan modifikasi untuk lebih memudahkan perjalan dan mengurangi tenaga manusia yang biasanya terkuras untuk mendayung. Sebelum masyarakat mengenal mesin tempel, kegiatan mendayung sudah dilakukan sejak dulu kala. sayang ketika kemudahan sudah disajikan, masyarakat cenderung menjadi kurang antusias melakukan kegiatan jauh dari rumah. Berladang dan berkebun sampai ke pedalaman yang lokasinya ditempuh menggunakan perahu pun mulai ditinggalkan. Entah ini merupakan pergeseran budaya atau apalah. Orang-orang Dayak yang pernah saya temui bercerita, kegiatan berkebun saat ini hanya dilakukan semata-mata hanya sebagai tradisi, bukan sebagai mata pencaharian.

Katinting adalah alat transportasi vital, dan sepertinya katinting ini masih akan tetap siap menghadapi alat-alat transportasi air yang lebih modern. untuk medan jeran, katinting masih sangat ampuh untuk melibasnya.

Rasakanlah sensasi menikmati arung jeram ekstim diatas katinting yang ampuh. Jangan bilang anda cinta Indonesia jika belum merasakan sensasinya.

(NB: foto menyusul)

CIMG5644 DSCI0214SDC10580 CIMG5900 CIMG5941 DSCI0279

[tweetmeme only_single=”false”]

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s