Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

My Best Teammate

3 Comments

Perjalanan petualanganku ke hutan memang belum banyak. Dengan jam terbang experience baru sekitar satu tahun bersih, sangat sedikit sekali pengalaman yang aku dapatkan. Tapi tidak dengan jumlah cerita yang menemani perjalananku melintasi hutan-hutan Indonesia. Total sudah berjumlah 6 team yang pernah menorehkan cerita bersamaku. Sedikit khan. Sudah ku bilang memang sedikit.

diantara yang sedikit itu hanya ada satu team yang benar-benar membuatku nyaman di tengah hutan. Serasa ditemani puluhan pelawak. tidak pernah maerasakan kesepian kecuali yang berbau pribadi. Tapi toh itupun biasa cuma sebentar saja. My best teammate adalah team kecilku sewaktu bekerja di Halmahera sabagai Wellsite Geologist-nya PT Natresc Indonesia yang bekerja sama dengan Solway yang asalnya itu investor dari Rusia.

Berangkat dari jogjakarta berlima. Kesemuanya teman-teman kuliah satu angkatan. Aku, Hijrah bin Congek, Toni lanjie, Willy Haikal dan Habibi. kami berangkat dengan satu misi yaitu untuk Drilling Nickel. Namun ternyata karena site camp nya disana ada 2, walhasil kamipun dipecah untuk bergabung dengan personel geos yang sudah ada terlebih dahulu.

Setelah dipertimbangkan masak-masak akhirnya kedapatan berangkat ke site camp blok D. Dengar-dengar dari tenaga lokal jalur naik ke camp itu sedikit extreme. aku lupa julukannya apa, yang pasti agak berbau seram. Naik kesana saja benar-menguras tenaga walau hanya jalan 5 jam mendaki tebing-tebing batuan ultrabasa peridotite, dunite dan hasburgite. Kebagian naik ke sana dengan saudara Congek ditemani dengan 2 orang tenaga lokal yang salah satunya bernama Taufik. Taufik inilah yang akan menjadi asisten setia Congek nantinya.

Saat kedatangan kami ini kebetulan bulan puasa tahun 2008. Terasa berat memang harus bekerja naik turun gunung waktu berpuasa, namun semangat sebagai geos tidak pernah padam. Setelah bersusah payah naik ke camp, akhirnya sampai juga. Kalau tidak salah hari itu puasaku batal karena aku merasa berat untuk menuntaskannya. Sampai di camp ternyata ketemu dengan Hangga kakak tingkatku di kampus dan Brani yang notabene anaknya Pak Budi dosen Geomorfologiku. Disinilah awal kami bekumpul menjadi sebuah tim yang hancur-hancuran tapi kompaknya keren.

hari berikutnya setelah kami tiba, acara drilling dihentikan karena crew drilling sudah pindah camp ke campsite blok F. Akhirnya kami hanya bertugas menentukan posisi drilling untuk progres selanjutnya. banyak sekali kisah konyol terjadi, yang paling bikin tertawa saat Hangga jatuh dengan posisi terlentang. Gara-terlalu banyak canda jadi jatuh deh tu anak. Hasilnya ya ditertawain rame-rame.

Kerjaan kami berempat tiap hari cuma buat gelang aru-aru saja. Karena progress di blok D belum jalan. Magrib nunggu buka puasa ngantri dengarin hapeku berkumandang. Kalau nggak pakai insting orang hutan. Jika jangkrik hutan sudah berbunyi maka waktunya magrib dan berbuka puasa. Hahaha… Nggak tau deh tu puasa sah atau nggak. Brani dan Hangga non muslim, tapi kami selalu berbuka dan sahur sama-sama. Buat mereka lumayan dapat porsi tambahan. Hahaha… Kalau malam ngantri main psp nya hangga. Karena itulah media entertainmen paling canggih setelah HP.

Akhirnya dapat perintah untuk bergabung dengan crew geos di blok F. Ternyata perjalanan potong kompas dari blok D ke blok F itu cukup terjal. Bagaimana tidak, kemiringan tebingnya bisa mencapai lebih dari 70 derajat dengan ketinggian bisa mencapai 100-150 meter. Dijamin kalau jatuh pasti mati, ya kalo apes paling patah tulang berkeping-keping. Beruntung waktu itu hujan jadi perjalan tidak bikin haus. Puasaku hari itu terselamatkan. Sampai di camp langsung disambut oleh rekan geos yang lain.

Sebelum camp permanen jadi, kami masih tidur di camp semi permanen yang belum dilengkapi papan sebagai dinding. tempat tidurnya sudah pasti kasur dong. sekedar info, karung adalah sarana tidur paling nyaman di hutan. tempat tidur kami susun 2. Seperti tempat pengungsian saja.

Hari demi hari berjalan lambat. Tiap hari dengan rutinitas yang sama. Pergi pagi pulang sore dengan keringat bercucuran. Mirip dengan tukang becak saja. Disinilah aku pertama kali mengawali karir sebagai wellsite. Bikin puyeng awalnya karena langsung dilepas oleh korlap. Disuruh deskripsi menurut kemampuan. Matilah awak bingung mau tulis apa. Beruntung diajarin sama hangga dan Brani. Jadilah aku semakin paham dan semakin percaya diri mengisi form logsheet drilling.

Kebersamaan dan canda tawa mengisi hari-hari kami. Sore selepas pulang kerja kadang kami foto-foto menggunakan kamera DSLR milik Brani dan Hangga. Kalau malam tiba pasti bercandaan di camp selepas cari sinyal di puncak Uni-uni. Yang bikin heboh ya Hangga dan Congek. Kalo melihat mereka berdua seperti Tom dan Jerry. Ramai sekali dan riuh.

Mendekati lebaran kami pun turun ke camp induk. Kemudian berlebaran di Ternate karena kebetulan Congek orang Ternate. Maka berlebaranlah kami disana. Perjalanan naik katinting 5 jam plus adegan lihat buaya Sangaji yang panjangnya 4 meter sedang nongkrong di seberang sungai. Habis itu perjalanan malam offroad Maba-Sofifi menggunakan mobil Mitsibishi strada triton yang perkasa. Seperti naik gerobak karena aku kebagian duduk di bak belakang tebuka. Ampun dah, tersiksanya. Tapi hati tetap senang.

Berlebaran bareng dirumahnya Congek. Plus rehat 3 hari lumayan untuk nambah cerita anak cucu. Foto2 di batu angus, main ke pantai, plus lebih dekat dengan gunung gamalama. wah seru sekali berlebaran di Ternate, walau hati sedih tidak bisa lebaran di ambon.

Bersambung… lagi (“,) my best teammate bag 2 habis

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

3 thoughts on “My Best Teammate

  1. Asyik bro bacanya..pengalaman baru tentunya..
    Wah jadi mikir kok ak salah jurusan dulu..he..he….eh ngga…Life must go on..
    Sukses bro..lanjutkan langkahmu…Wujudkan impianmu..
    Keep writing…

    • thanks bro. lumayan kalo tulisannya dihargai. hehehe… weh jangan bilang salah jurusan dum, khan kita sendiri yang milih. tinggal bagaimana memaksimalkan apa yang ada dalam diri kita saja. iya too… sukses juga buatmu disana.

  2. kaka skrang kerja di mna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s