Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Desktop Google Reader

1 Comment

Desktop Google Reader adalah sebuah aplikasi keluaran google untuk memudahkan kita untuk mengatur dan tentunya membaca RSS feeds. Aplikasi ini bukan aplikasi RSS reader berbasis web seperti milik browser seperti Mozilla, Opera, Google Chrome, IE ataupun yang lainnya. aplikasi ini berdiri sendiri alias desktop. ya, seperti halnya aplikasi-aplikasi desktop lainnya. berikut adalah preview saya mengenai aplikasi ini. mohon maaf jika aplikasi ini telah lama hadir namun baru saya beri review karena saya baru menggetahui dan menggunakannya.

 

RSS (Really Simple Syndication) adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. disadur dari wikipedia.

berikut ini akan saya berikan gambaran mengenai Desktop Google Reader. pertama-tama setelah menginstal, kita perlu memasukan alamat email dan password kita, sepertinya menggunakan Gmail. setelah proses login selesai kita tinggal memasukkan alamat rss feed dari web atau blog yang ingin dijadikan langganan. selesai sudah. namun jika kita dari web juga bisa memasukan link. biasanya sudah tersedia oleh penyedia web untuk RSS nya. kita tinggal ikuti dan pilih Google Reader (ada banyak aplikasi selain google reader soalnya). setelah selesai memasukkan rss feednya, berarti selesai sudah. tinggal tunggu saja jika ada terbitan baru maka akan muncul notifikasi. aplikasi ini mampu menyuguhkan isi halaman full seperti ketika halaman web asli tanpa kita harus mengunjungi web tersebut.

ketika proses penginstalan kita disuguhkan pilihan tambahan menginstal aplikasi Snarl. Aplikasi tambahan ini berguna sebagai penanda notifikasi. aplikasi ini akan memunculkan kolom update dari rss. jadi kita tidak perlu mengecek selalu aplikasi Google Desktop Reader. jika kita mengklik pada kolom tersebut maka kita langsung dibawa menuju halaman web yang bersangkutan, bukan membukanya dari Desktop Google Reader.

Jika anda berminat untuk menggunakan aplikasi ini maka berikut saya berikan Link untuk mengunduhnya. Aplikasi ini gratis tanpa dipungut biaya.

Download Desktop Google Reader Klik disini

Download Snarl klik disini

semakin mudah khan untuk membaca RSS feed sekarang? pastinya kita tidak perlu repot-repot lagi update berita lewat cara konvensional (lewat web). semoga aplikasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

screenshoot":

2 1

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

One thought on “Desktop Google Reader

  1. Pingback: Tweets that mention Desktop Google Reader « Wingman Arrows -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s