Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Menikmati Indahnya Senja di Lautan Lepas Indonesia

12 Comments

SeaScape

Deru ombak terpecah di geladak kapal putih, bersama deburan riak yang terpecah di birunya lautan. Buih-buih air asin terlihat menjejak membentuk garis sampai ujung cakrawala yang ditinggalkan. Ditemani lembayung jingga di pelataran garis barat. berteman kibaran angin menghempas rambut yang semakin mengeras karena uap garam.

Itulah gambaran senja-senja yang memukai diriku. Senja di tengah lautan Indonesia dinikmati di atas kapal besar. Memandang keluar hanya lautan, awan jingga dan matahari yang kian menjauh dan redup. Romansa menghidupkan suasana bersama hangatnya canda sahabat dalam perjalanan. Ditemani hisapan rokok yang cepat termakan angin dan seteguk minuman dalam cerita untuk masa kemudian.

 

Abadikan dulu Seascape2

Terlahir di pulau jauh di Indonesia bagian timur, Ambon. Disanalah tangis pertamaku menghias dunia. Jauh dari kota-kota besar Indonesia bagian tengah dan barat. Keadaan ini membuat kesempatan untuk mengarungi lautan terbuka lebar. Transportasi untuk menuju pulau jawa sebagai pusat Indonesia bisa ditempuh dengan pesawat, namun aku lebih suka naik kapal laut. Naik pesawat dulu mahal dan juga tidak ada kepuasan karena cepat sekali sampai. Namun jika menggunkan kapal lau Pelni, selain murah juga bisa menikmati suasan lautan yang memikat hati.

Perjalan yang biasa aku tempuh yaitu Ambon-baubau-makassar-surabaya. Begitu juga sebaliknya. Perjalan ditempuh 3 hari. Jadi bisa menikmati sunset 3 kali juga. Ada rute lain lewat jalur bawah yaitu melewati Nusa Tenggara – Bali – Surabaya. Namun aku belum pernah. Dulu sebelum Timor Leste merdeka, Dilli juga menjadi tempat persinggahan untuk transit. Suatu saat aku harus melalui jalur tersebut. Sekalian jalan-jalan. Mungkin bersama anak dan istriku nanti kalu sudah punya.

Saat menikmati matahari tenggelan diatas kapal, kadang kala perasaan sentimentil datang. Membawa lamunan tentang kisah romantis. serasa menjadi Jack dan Rose ala Titanic namun dengan kisah kita sendiri. Sambil menikmati suasana yang begitu bersahat dengan hati, hal seperti ini bisa menjadi cerita untuk dibagi bersama orang yang kita sayangi.

Menanti senja

Terakhir naik kapal putih itu ketika lebaran tahun 2008 ketika pulang ke Ambon. Sendirian saja, tapi akhirnya dapat teman seperjalan. Jadi tidak begitu kesepian selama 3 hari. Sungguh tiap kesempatan memiliki ceritanya sendiri.

Inilah lokasi favorit ku menikmati matahari tenggelam. menggugah rasa dalam dentuman geladak. Dalam perjalan ribuan mil dengan laju perjalanan.

Ay…ay…captain. Abk dek siap. Kapal sandar kanan…

Port of Makassar

[tweetmeme only_single=”false”]

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

12 thoughts on “Menikmati Indahnya Senja di Lautan Lepas Indonesia

  1. Whaaaa
    menyenangkan sekali… senengnya tinggal ditempat yang deket ama daerah wisata pantai yang masih alami kaya gitu..

    • iya gan, lumayan menyenangkan. tapi yang di tulisan ini bukan pantai tapi tengah laut gan. cerita dulu waktu masih sering pulang ke Ambon naik kapal Pelni.

      gan tukeran link yuk…

      • Busett… tengah laut… bikin iri aja

        Dah ane pasang di my friend gan..
        hi hi ih

      • iye gan, naik kapal Pelni yang gede itu. coba deh gan naik itu, iseng aja jakarta surabaya sehari, mantab gan… iye gan ane dah liat tadi di halaman itu. thanks ya gan. ane subscirb email blog agan juga ahh biar update. btw, blog agan yang update yang mana?

      • Tuing…
        Jakarta surabaya naik kapal laut… kapan nyampenya…
        mending naik kereta aja satu malam sampe… xixixi

      • cuma semalam aja kok gan. khan itung2 dapat pengalaman baru. hhehehe…

  2. keren bg,,
    kek aq k makassar dulu,,
    hehehe…
    first time 2 hari d kapal…
    hehe…

    bacaan yang bgus bg…
    hehe

    • mantap khan? lebih kerasa romantisnya to… abang mah dah nggak keitung lagi naik kapal Bal, tpi yang sempat masih ada fotonya cuma 2 kali. kemaren dapat cewek nggak? mantap tuh kalo sama cewek pas senja di kapal.

  3. hmmmm,,, pengeeeeeen… pengen liat sunset dari kapal yang guede. Hmmm kapan ya?
    Yaaah, sekarang kayaknya aku nggak dapet sunset dari kapal.. Padahal dah bilang supir bisnya supaya agak cepet nyetirnya biar dapet😦
    Mau,,, mau,,, mau,,, liat sunset n sunrise di lautan yang luas yank…

  4. Wah, foto2nya keren nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s