Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

“Tukang batu profesional”, begitu sahabatku mengatakannya

12 Comments

Memang benar adanya kami adalah sekelompok orang dengan profesi sebagai tukang batu. Kami menjalaninya dengan profesionalisme yang tinggi. Kami adalah golongan yang tergila-gila karena batu. Karena batu memberikan kehidupan pada kami dan juga pada kalian.

geologi, sebuah frasa bahasa yang dalamannya kami oprek, yang selama beberapa tahun ini dan bertahun-tahun kemudian akan selalu ada di otak kami. Mempelajari isi bumi dari kerak hingga inti dalam. Merunut sejarah bumi dan semesta. merekonstruksi wajah bumi dengan busur derajat dan jangka. Membedah gunungapi dari lembaran-lembaran diktat.

Apa senjata kami? Banyak. Bukan hanya bermodal niat dan kebesaran hati untuk diasingkan, tapi kami datang dengan gaya. Betul, dengan gaya kami sendiri. Gaya para geologist a.k.a. Tukang batu. Kompas, palu, gps, alat tulis, HCl, dan berbagai macam perkakas lainnya.

Salam hormat buat Mbah Zuidam, Mbah Bemmelen, Mbah Katili dan simbah-simbah lain yang telah mengantarkan ilmu batu ini masuk ke Indonesia, yang pada akhirnya akupun jatuh cinta padanya. Berkat mereka banyak tercipta orang-orang batu yang sangat layak diberi jempol. Salah duanya adalah professor Sukendar Asikin dan professor Sampurno. tak lupa pula guru-guru yang mengajarkan tiap-tiap bidang ilmu cabangnya.

me and Prof Sampurno

orang awam kadang bertanya apa itu geologi. "apa mas! Biologi?", sering kujumpai jawaban seperti ini. Apa karena kami eksklusif dengan belasan perguruan tinggi Indonesia saja yang memiliki jurusan geologi? Ahh… Tidak juga. karena memang sebagian orang tidak pernah mengenal dan mendengar kata "geologi". Tapi kalau dibilang Tambang atau Perminyakan pasti semua akan mengerti. Kenapa bisa begini yaa…

Jangan salah… tanpa adanya geologist, pekerja tambang atau perminyakan atau apapun yang ada kaitannya tidak mampu bekerja. Karena geologist lah yang mencari semua yang akan di ambil untuk kemaslahatan manusia. Keluar masuk hutan, naik turun gunung, bermandikan lumpur bor, hujan panas, masuk rawa keluar sungai bahkan berpotensi mati karena malaria… Semua itu untuk menemukan beraneka bahan tambang ekonomis yang mampu merubah wajah dunia.

Mau tau tentang ilmu geologi? Ilmu geologi itu ilmu nujum alias perdukunan modern. Kenapa demikian? Karena ilmu ini adalah ilmu interpretasi, ilmu yang pasti tidak pasti, mengolah data sedemikian rupa dengan perkakas sederhana sampai komputer super canggih agar menemukan jawaban bagaimana sebenarnya gambaran didalam perut bumi? Puluhan, ratusan bahkan ribuan meter dalamnya bisa didukunkan. Bagaimana seseorang mampu bilang dibawah bumi sana ada minyak bumi yang jumlahnya sekian barrel? bagaimana seseorang bisa bilang dibawah sana terdapat batubara yang tebalnya sekian meter? tentu saja interpretasi dan interpretasi dengan memaksimalkan data yang kita punya.

aku bangga menjadi geologist, aku bangga menjadi seorang ahli bumi, dan aku bangga menjadi seorang tukang batu.

Nb: wah, jadi alay gini ane gan. Mangap ya gan, bukan mau alay-alayan tapi pengen menumpahkan pikiran di otak. Kasih cendol ya gan.

tukang batu  

 coring Mapping

All blue

[tweetmeme only_single=”false”]

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

12 thoughts on ““Tukang batu profesional”, begitu sahabatku mengatakannya

  1. wah mantap tulisannya mbon, tingkatkan terus..

    ‘salam bumi’

  2. waahhh…bukan tukang batu biasa tuuuuh…tukang batu yang berharga n bernilai gan….nilaix mahal….hehee…

  3. “tukang batu profesional”ku begitulah aku menamaimu🙂

  4. Ur the best bang.,.aq dr pertama kenal juga dah kagum sama abang n ichal.,.hebat sangad.,.

  5. Wooowww… pengalaman yang sungguh menantang…
    Apakah sampai saat ini sudah ada penemuan yang bisa untuk dilakukan penambangan secara intens ?

    xixii kirain tadinya tukang batu (tukang bangunan)

    • belum ada mas. kemarin eksplorasi nikel di halmahera sampai tahap drilling spasi rapat (detail) tapi gara2 harga nikel jatuh lalu dipending. nggak tau kelanjutannya. sekarang ikut sama kontraktor jadi mengenai ekploitasi biasanya nggak terlibat.

  6. aku bangga menjadi geologi,aku bangga menjadi teman maulana hehehe,salut,brafo GEOLOGI, Aku cinta bumi …………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s