Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Kerja ya kerja, puasa itu agama.

3 Comments

“kerja ya kerja, puasa itu agama”, kalimat yang membuat hatiku tidak senang mendengarnya. Kalimat dari direktur utama perususahaan tempat ku bekerja saat ini. Benar2 membuat kuping panas manakala tau kalimat itu keluar langsung dari orang yang notabene mempunyai jabatan disini namun tidak cukup pintar untuk berpikir jernih.

wajarkah seorang bos berkata seperti itu kepada anak buahnya yang kinerjanya seperti agak menurun? simaklah pandanganku ini tentang tidak layaknya diri orang itu dipanggil bos.Pekerjaan saya disini adalah wellsite atau penjaga sumur bor. Mendata semua atribut batuan yang keluar dari bor. Pekerjaan yang sangat membosankan untuk seorang geologist apalagi pemboran dangkal seperti ini.

kesalahan-kesalahan dari perusahaan ini jika dilihat dari kacamata geologist, dari mataku.
Punya alat bor tapi sangat tidak berguna. Sistem kerjanya rumit dan tidak efisien. percobaan bor hanya tembus 2 meter.
Tidak ada master bor yang benar-benar ahli dalam pemboran.
Tidak ada tenaga kasar untuk bekerja sebagai crew bor.
Penggunaan bor auger manual dengan tenaga manusia padahal ini adalah pemboran full corring. Pengambilan core sangat tidak memenuhi standar.
Dilihat dari kesalahan-kesalahan diatas, perusahaan ini sangat jauh dari kata sempurna sebagai perusahaan tambang.

Karena desakan dari atasan akhirnya bos disini memutuskan untuk memaksakan menggunakan auger untuk ngebor. Pikiran mereka yang penting ngebor, dapat banyak titik selesai. Padahal untuk analisa geologi, kedalaman minimal berkisar di 10 meter. Pekerja hanya mampu di meter 8. sudah saya ingatkan tentang pekerjaan ini dan segala resikonya tapi namanya juga tipikal bos yang tidak mau peduli ya akhirnya main hantam kromo. Kedalaman tidak bisa dianalisa, tenaga sia-sia dan alat bor auger rusak.

Tenaga yang digunakan untuk memutar bor auger manual adalah para security perusahaan ini yang notabene bertugas sebagai pengamanan. Karena mereka bekerja dengan sistim gaji bulanan, bos orang cina pikir di manfaatkan saja tenaganya untuk bor jadi mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menambah orang kerja. Prinsip ekonomi bos? Prinsip setan tuh, jangan pernah diterapkan pada saya.

Hari pertama kerja dengan para security merangkap bor semuanya berbuasa namun setengah dari mereka tumbang karena harus kerja kasar. besok-besoknya mereka malah langsung tidak berpuasa. Ckckckck… malam hari mereka masih harus menjalankan tugas mereka sebagai penjaga keamanan. Sampai akhirnya kemarin mereka bekerja sudah pada loyo semua. Kehilangan tenang. menimbang sudah tidak efisien untuk melanjutkan kegiatan bor, saya selesaikan pekerjaan pukul 4 sore.

Ketika pulang, dijadikan masalah sama bos yang panik karena dikejar deadline oleh atasannya. Karena hari ini kedalaman bor yang didapat cuma 4 meter. masih ada 16 titik bor yang belum dikerjakan plus tanggal 3 saya sudah harus di jogja. Tanggung jawab dia harus dijalankan, tapi sayang semua salah dan akhirnya sembarangan. Anak-anak dimarahin karena kinerja menurun. ada yang beralasan puasa malah dibilang puasa itu agama, disini kerja, kalo nggak mau kerja tidur saja di rumah.

Wahwah… Agama itu hak asasi bos. Toleransi anda tidak ada. Yang ada anda membuat mereka seperti budak agar tanggung jawab anda terlaksana.mereka bukan robot, mereka bukan romusha. kesalahan anda sudah sangat parah dan sangat fatal. Jangan lagi diperparah dengan perkataan anda yang melemparkan kesalahan kerja anda kepada bawahan anda.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

3 thoughts on “Kerja ya kerja, puasa itu agama.

  1. hadeuh,,, aku aja yang baca tulisanmu kupingku panas hun… Aku tidak suka sama bos yang seperti itu, pemanfaatan banget. kalo sistimnya seperti itu terus perusahaan lama2 tumbang deh..

    • Ya begitulah kalau tipikal bos yang nggak ngerti dan nggak mau ambil pusing yang penting pekerjaannya diangkap kelar. Jadinya seperti orang yang nggak berpendidikan.

  2. emang bosmu itu kaya dia mau hidup didunia selamanya aja ya …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s