Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Jalan-jalan pakai gps dan peta menggunakan handphone

Leave a comment

Buatku untuk urusan gps, peta, kompas dan segala yang terkait dalam navigasi bukanlah hal baru. Sebagai seorang geologist, barang-barang tersebut harus selalu ada ketika eksplorasi. Kondisi lokasi eksplorasi yang rata-rata di pedalaman dan jauh dari areal perkampungan serta ditambah juga pengambilan data lokasi yang sangat detail. Maka peralatan tersebut mutlak ada. Biasanya gps yang digunakan sekelas garmin 76 csx atau 60 csc.

Nah bagaimana kalau diluar urusan ekslorasi? Gps ternyata membantu sekali dan bukan hanya buat gaya-gayaan. Untuk yang build in, banyak beredar alat navigasi yang bisa digunakan baik untuk pejalan kaki maupun dipasang di kendaraan. Kesemuanya memiliki fungsi utama yang sama yaitu untuk menentukan lokasi serta membantu dalam navigasi.

Bagaimana kalau untuk urusan navigasi pribadi? Jawabannya sudah pasti banyak uang menjatuhkan pilihan pada handphone. Tanpa tertanam gps didalamnya pun kita sudah bisa bernavigasi ria, dengan catatan penentuan lokasi menggunakan bantuan sinyal handphone dari bts-bts terdekat. Resiko tentunya berdampak pada penentuan lokasi yang memiliki margin error yang lumayan besar.

Urusan navigasi via handphone akan berasa jika kita menggunakan hp yang telah ditanamkan agps alias assisted gps di dalamnya. Keuntuntungannya sudah pasti lokasi kita berada ditunjukan dengan detail karena penentuan lokasinya menggunakan bantuan dari satelit. Rata-rata smartphone jaman sekarang sudah memiliki agps di dalamnya. Tinggal kita masukan aplikasi navigasinya saja. Sudah banyak beredar aplikasi tersebut diantaranya googlemaps, garmin, ovimaps milik nokia, NDrive dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tinggal cocoknya kita mau pakai yang mana.

Untuk database peta jalanan Indonesia sudah lumayan update. Jadi jangan khawatir kita akan nyasar. Navigasi dan pemilihan jalannya juga rata-rata sudah mengikuti tata aturan jalan yang berlaku. Jadi kita bisa terhindar dari kesalahan seperti salah belok maupun salah jalur.

Ayo manfaatkan fitur gps yang ada di hape kamu biar jalan-jalannya makin yahud. Nggak pake acara nyasar, perjalanan lebih cepat dan terarah serta informasi-informasi lokasi yang ciamik bisa kita dapatkan dengan cepat. Jangn takut pulsa hpmu terpotong karena sekarang banyak database disajikan secara offline.

Selamat bernavigasi ria. Jangan lupa safety riding dan safety driving biar semua aman dan nyaman

Nb: nanti diupdate lagi aplikasi maps dan databasenya sekalian tempat download.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s