Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

SEDIMEN LAUT

Leave a comment

Mineral dan material organik yang terdapat di laut akan terakumuilasi di dasar laut. Sedimen laut bermakna sangat luas dalam composisi dan karakteristik fisiknya sebagai fungsi dari kedalaman air, jaraknya dari daratan, variasi dari sumber endapannya, dan juga karakteristik fisik, kimia, dan biologi dari lingkungan tempat terbentuknya.

LINGKUNGAN PENGENDAPAN

Secara tradisional sedimen laut di klasifikasikan berdasarkan kedalaman pengendapannya yaitu; Litoral (0 m-20 m), Neritik (20 m-200m), dan bathyal (200 m-2000). Ada ciri khusus yang khas pada sedimen laut yaitu material sumber pembentuk sedimen itu sendiri yaitu sumber endapan yang berasal dari daratan dan sumber sedimen yang berasal dari laut itu sendiri yang khas dalam mineraloginnya atau berdasarkan kandungan meterial organiknya, atau secara lebih jauh ada perbedaan yang signifikan antara sedimen laut yang terendapkan pada lingkungan sekitar continental margin degan sedimen pelagic yang terendapkan pada lingkungan laut dalam.

Sedimen batas kontinen

Sedikit bagian dari benua juga termasuk pada lingkungan sedimen ini, lingkungan ini berada pada kontinental slope yaitu pada kedalaman (100 m-200 m). Perbedaan yang signifikan yang dapat diamati pada sedimen lingkungan ini adalah pada karakteristik sedimentasi serta pola pengendapanya yang muncul pada sedimen yang mana mendapat suplai sementasi dari daratan dan mana sedimen yang mempunyai material laut secar kimia dan kandunan material organiknya. Tipe dan pola distribusi pengendapannya dkontrol oleh tiga faktor yaitu:

1. Intensitas runoff kontinen dan suplai sedimen.

2. Intensitas dan arah dari agen yang mentransport material sedimen, diantaranya; arus, gelombang pasang surut, dan angin.

3. Intensitas dan arah perubahan muka air laut.

Sedimen Laut dalam

Sedimen laut pada lingkungan ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu ; terrigenous adalah sedimen yang suplai material sedimen berasal dari lingkungan darat dan Pelagic yaitu sedimen yang pada dasarnya berbutir halus, terendapkan secara perlahan dari suspensi yang jauh dari daratan. Akan tetapi cukup sulit untuk menerapkan klasifikasi tersebut dikarebakan banyaknya sedimen laut yang juga merupakan campuran dari kedua macam sedimen tersebut.

TRANSPORT DAN TINGKAT SEDIMENTASI

Sungai, gunung es, angin dan ombak laut membawa partikel-partikel dari kontinen dan kontinental margin untuk kemudian diendapkan pada berbagai macam lingkungan sedimen laut. Tingkat sedimentasinya dapat ditentukan dengan mengetahui mikropaleontologinya, radioaktivitas atau dengan mengunakan sedimen paleomagnetik.

Tranport material sediment

Sebagian dari sedimen laut adalah merupakan hasil erosi dari daratan dan kontinental margin, yang kemudian tertranport oleh angin atau gunung-gunung es. Hasil sedimentasi ini dipengauhi juga oleh kehidupan plankton laut yang terdistribusi oleh arus didalam lautan. Yang terpenting dari transport sedimen laut adalah bahwa ketebalan dari lapisan sedimen mencerminkan rejim aliran baik terdahulu maupun yang resen, beserta topografi dari lapisan tersebut misalnya gelembur gelombang.

Arus turbid

Arus turbid diyakini mempunyai kecepatan tertentu yaitu beberapa meter perdetik, terutama ketika membentuk channel pada lembah samudra atau pad kipas gunung samudra, yang mana berkompetensi untuk mentransport material butiran mulai halus, keras bahkan material blok.

Arus pasang surut

Arus ini cukup mempunyai kekuatan unutk membawa dan mentransport butiran berukuran silt dan pasir pada daerah-daerah di lautan hingga kedalamabn abysal. Efek dari arus pasang surut paling mudah diamati pada batas kontinen dangkal dimana karakteristik fisik yang khas dari proses ini dapat etrbentuk dengan dengan baik.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s