Wingman Arrows

La Douleur Est Temporaire, La Victoire Est Toujours

Bedanya orang sabar dan orang ikhlas

2 Comments

Sabar dan ikhlas adalah satu paket ciri-ciri muslim yang baik. Walaupun satu paket namun keduanya berbeda dalam pengamalannya. Postingan ini saya rasa banyak memberi manfaat pada kita yang sedang belajar menekuni ilmu sabar dan ilmu ikhlas sebagai manusia.

Sabar lebih dibawah tingkatannya dari ikhlas. Orang sabar belum tentu dapat menjadi ikhlas. Ketika kita tertimpa masalah, definisi sabar dapat hanya menjalani dan menerima apa adanya. Sabar yaitu menahan diri dari hal-hal yang dapat merugikan kita. Ambil contoh kita bersabar ketika berpuasa. Menahan segala hawa nafsu yang menggoda. Kita menahan diri untuk tidak makan dan minum serta perbuatan lainnya yang dapat membatalkan puasa kita.

Kesabaran terkadang dibarengi dengan keterpaksaan. Walaupun kita sabar belum tentu kita bisa dengan ikhlas menerimanya. Orang bisa saja bersabar namun dalam hatinya terkadang timbul pemikiran-pemikiran negatif yang mengurangi inti dari kesabaran.

Ikhlas dalam kehidupan memilika strata yang lebih tinggi dari sabar. Sesungguhnya orang-orang yang ikhlas adalah orang-orang yang mendapat ridho ilahi. Kita terkadang berkata kita ikhlas menerima cobaan. Benarkah kita telah menjadi orang yang benar-benar ikhlas. Hanya kita dan Allah yang tahu. Kita menerima segala cobaan maupun limpahan rahmat dan rejeki dengan sabar dan bersyukur. Sebagian dari kita lupa untuk bersyukur dengan pemberian Allah. Rasa syukur ini yang nantinya akan membangun pribadi yang ikhlas. Penyakit hati mudah menyerang kita jika keikhlasan kita tipis. Manusia memiliki hasrat untuk selalu mendapatkan lebih. Melihat tetangga memiliki rumah besar sedang milik kita hanya kecil, iri hati dapat dengan mudah menghampiri yang membuat kita sinis terhadap rejeki orang lain. Kita merasa selalu kekurangan dan ingin selalu memperkaya diri kita.

Melihat kebawah jauh lebih baik dari pada melihat ke atas. Pembelajaran diri dengan membandingkan diri kita dengan orang yang jauh berkekurangan dari kita, hendaklah menjadikan kita lebih bersyukur dengan segala yang kita dapat. Jadilah kita manusia-manusia yang bersabar dan ikhlas atas segala pemberian rahmat, karunia bahkan cobaan untuk kita oleh Allah SWT.

Author: MualMaul

leaving as a legend!!!

2 thoughts on “Bedanya orang sabar dan orang ikhlas

  1. Saya sangat setuju dengan apa yang anda paparkan diatas, orang yang sabar belum tentu ikhlas, tapi kalau orang yang ikhlas itu sudah pasti tentu sabar.

  2. Betul (y) … Jazakillah maklumatnya tntg sabar dan ikhlas.
    Ikhlas itu tdk diucapkan, hny kita dan Allah yang tau🙂
    #KeepIstiqomah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s